Selasa, 19 Agustus 2014

Beef Broccoli


Bismillah..

Ceritanya *tumben* nemu daging sapi di tukang sayur (biasanya klo mau beli daging mesti ke pasar), nahh... klo begini berarti ada yang mesen daging tapi gak jadi di beli *teganyaaa* >_<

Baiklah...belanjanya 3 item sajah yaitu daging + brokoli + bawang bombay, yukk capcus kita masak :D


Bahan :
- 250 gr daging sapi, potong sesuai selera (jangan ketebalan)
- 1 buah bawang bombay, potong bulat/cincin
- 10-15 kuntum brokoli, saya rendam air garam dulu *pernah liat di TV katanya agar klo ada ulat di dalamnya bisa mati dan langsung masuk ke air rendaman :D 
- 2 sdm bumbu dasar putih
- 3 sdm kecap manis
- 1 sdm saus teriyaki
- garam, merica bubuk, gula pasir sesuai selera
- air secukupnya

Cara Membuat :
- Cuci bersih brokoli yang sudah direndam air garam, kemudian didihkan air, rebus sebentar. Angkat dan masukkan ke wadah berisi air es, tiriskan.
- Tumis bumbu dasar putih, masukkan potongan daging, biarkan berubah warna, lalu masukkan air secukupnya dan masak hingga daging agak empuk dan kuah berkurang.
- Tambahkan bawang bombay, garam, merica bubuk, gula pasir, kecap manis, saus teriyaki dan lanjutkan memasak hingga bumbu tercampur rata, daging empuk dan kuah semakin menyusut.
- Terakhir masukkan brokoli, aduk sebentar, angkat dan sajikan.


Ada cerita dikit nihh....
Dulu awal2 bisa masak pas nyobain bikin masakan pake brokoli, saya masukkin ke wajannya itu di awal2...barengan daging >_< jadinya pas udah matang, itu brokoli sukses "lemes lemas lunglai" tak tertolong! seandainya dia bisa ngomong pastinya dari pertama dah tereak tuh yak minta tolong dikasih pelampung biar gak tenggelem *plak

Sampai terheran2 juga...pas liat foto2 masakan orang, kok ya warna brokolinya bisa hijaaauuuuu baguuss banget gitu yak?? ternyata eh ternyata, setelah tau ilmunya bisa juga bikin mirip2 kayak punya orang hehe...

Dah ahhh..sampai ketemu di postingan berikutnyaaaa... :)


2 komentar:

  1. Mba... Bumbu dasar putih itu apa ya?
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum..
      Mbak mohon maaf baru dibalas komentarnya ya :( lama gak ngecek mbak..
      Untuk bumbu dasar putih, merah, dan kuning, saya sudah posting di Facebook saya mbak, linknya ini :
      https://www.facebook.com/photo.php?fbid=900026876730330&set=a.688377717895248.1073741841.100001690786064&type=3

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...